Review

Selain Memperhatikan Daftar Harga Sepeda Gunung, Komponen Ini Juga Wajib Dipertimbangkan!

Sepeda gunung atau yang disebut juga dengan sepeda MTB, merupakan salah satu jenis sepeda yang paling banyak dijual di toko online atau toko sepeda yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Biasanya, harga dari sepeda MTB atau sepeda gunung lebih mahal dibandingkan dengan jenis sepeda yang lainnya. Ada beragam faktor yang menyebabkan daftar harga sepeda gunung lebih mahal dibandingkan dengan jenis sepeda yang lainnya dan salah satunya adalah komponen yang dipergunakan.

Komponen yang terpasang di sepeda gunung haruslah kuat karena tidak hanya akan berpengaruh pada kenyamanan Anda saat mengayuh sepeda tersebut terutama saat melewati medan off road namun juga akan mempengaruhi keselamatan Anda. Jika Anda menggunakan sepeda gunung yang menggunakan komponen yang tidak kokoh dan kuat, maka bisa sepeda tersebut patah di waktu tertentu misalnya saat menuruni gunung dan hal tersebut akan sangat berbahaya.

Selain daftar harga sepeda gunung yang Anda temukan di toko online ataupun bertanya langsung di toko sepeda, cek juga bagian atau komponen berikut ini. Pertama adalah rangka atau frame yang merupakan inti atau jantung dari sepeda. Walaupun Anda bisa mengganti jenis komponen atau bagian yang lainnya, namun, Anda tidak bisa mengganti rangkanya. Biasanya, untuk sepeda gunung, jenis rangka yang paling banyak dipergunakan adalah alloy atau alumunium karena kokoh, tahan korosi dan juga lebih ringan.

Beberapa jenis bahan yang biasanya dipergunakan untuk rangka sepeda adalah:

  • High-tensile steel atau hi-ten. Jenis bahan ini adalah campuran dari logam yang biasanya dipergunakan untuk rangka kelas bawah. Akibatnya, rangka dari bahan ini sangat kaku dan juga menyebabkan sepeda menjadi berat walaupun harganya lebih murah.
  • Chromoly steel yang juga merupakan campuran dari beberapa logam termasuk chromium dan molybdenum. Sepeda yang menggunakan jenis bahan ini untuk rangka memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sepeda yang menggunakan bahan hi-ten namun tetap kurang aman untuk kondisi yang ekstrim karena bisa retak.
  • Alumunium atau alloy, yang cocok untuk rangka tipe dual suspensi.
  • Titanium yang jarang dipergunakan untuk membuat sepeda dual suspension. Sepeda yang menggunakan bahan ini untuk rangkanya, memiliki harga yang relatif mahal karena prosesnya cukup rumit untuk penyambungan rangka.

Kedua adalah suspensi belakang. Saat ini, banyak sepeda gunung yang menawarkan tipe suspensi raise low pivot atau yang disebut dengan RLP dibandingkan dengan URT atau unified rear triangles. Hal tersebut disebabkan karena RLP mempunyai poros yang ada di bagian atas dari bottom bracket yang juga merupakan bagian rangka utama. Dengan design tersebut akan memberikan kenyamanan yang lebih ekstra sehingga Anda akan tetap nyaman menggunakan sepeda gunung ini walaupun dalam jangka waktu yang lama.

Komponen atau bagian yang lainnya yang harus diperhatikan dan diteliti sebelum Anda membeli sepeda MTB selain harus mengecek daftar harga sepeda gunung terbaik, yaitu:

  • Rem dan derailleurs. Cek jenis rem yang dipergunakan dan sesuaikan sistem rem dan komponen suspensi dengan kebutuhan Anda. Bahan yang dipergunakan untuk membuat komponen ini juga akan berpengaruh pada berat sepeda sehingga sebaiknya pilih bahan yang ringan sehingga Anda bisa lebih nyaman saat menggunakannya termasuk saat mengayuh sepeda atau ketika harus memanggul sepeda karena medan yang tidak memungkinkan untuk dilewati dengan sepeda.
  • Roda, misalnya di bagian hub atau tromol. velg, spokes, ban dan jari-jari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *