Lain Lain

Hak dan Kewajiban Terbaru Pekerja di Bawah Umur

Sampai dengan saat ini, masih banyak berita terbaru yang mengulas kebakaran pabrik di Tangerang. Salah satu ulasan menariknya adalah seputar tenaga kerja di bawah umur yang diperkerjakan di sana. Padahal pabriknya sangat minim pengamanan.

Dalam Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan pasal 68, pengusaha memang dilarang memperkerjakan anak di bawah umur dalam artian kurang dari 18 tahun. Tapi ada pengecualian yang sudah diatur dalam pasal 69 sampai dengan pasal 75. Pasal-pasal tersebut mengatur soal syarat diperbolehkannya anak bekerja, syarat yang harus dipenuhi pengusaha memperkerjakan anak di bawah umur hingga hak dan kewajiban para pekerja di bawah umur.

Berikut adalah Hak dan Kewajiban Pekerja di bawah Umur yang dirangkum dari Undang-Undang ketenaga kerjaan.

Hak pekerja di bawah umur:

  1. Diberikan keselamatan dan kesehatan kerja juga perlindungan.
  2. Menerima upah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. sekalipun waktu kerjanya hanya 3 jam, ia harus memperoleh gaji sesuai dengan pekerja biasa.
  3. Hubungan kerja yang jelas. Artinya hubungan kerjanya harus dituangkan dalam bentuk perjanjian kerja tertulis yang ditanda tangani oleh walinya.
  4. Jika bekerja dalam tempat kerja yang sama dengan pekerja dewasa maka harus dipisahkan antara pekerja dewasa dan pekerja anak di bawah umur.
  5. Mendapatkan Petunjuk yang jelas mengenai tata cara pelaksanaan pekerjaan, bimbingan dan pengawasan sebelum dan dalam melaksanakan pekerjaan.
  6. Tidak melakukan pekerjaan yang buruk seperti pekerjaan dalam bentuk perbudakan, pelacuran, perjudian hinga memanfaatkan anak untuk pertunjukan porna, mengedarkan minuman keras, narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

Kewajiban pekerja di bawah umur:

  • Waktu kerja yang diperbolehkan untuk pekerja di bawah umur maksimum 3 (tiga) jam sehari;
  • Hany boleh dilakukan pada siang hari bukan malam hari dan tidak mengganggu waktu sekolah;
  • melakukan pekerjaan dengan benar saat bekerja karena Anak dianggap bekerja bilamana berada di tempat kerja.

Semua kewajiban di atas, tidak boleh mengganggu perkembangan fisik, mental, moral dan hubungan sosial anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *