Teknologi

ADVANCE MACHINE LEARNING SEBAGAI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI KECERDASAN BUATAN DI MASA DEPEN

 

Setelah mengetahui kecanggihan teknologi kecerdasan yang diciptakan oleh beberapa ilmuwan, nampaknya manusia tidak pernah puas terhadaap sesuatu yang diciptakannya, selalu ada perkembangan teknologi baru yang akan terus bermunculan. Salah satunya menurut berita teknologi adalah advance machine learning yang merupakan pengembangan dari teknologi kecerdasan buatan. Teknologi memungkinkan sebuah bot kecerdasan buatan untuk lebih bisa belajar banyak hal mengenai dunia manusia dan diajarkan untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan manusia layaknya percakapan sehari-hari. Jika anda sering menonton film-film holywood yang menampilkan adegan si tokoh utama memiliki beberapa virtual assistance di rumahnya dan mengajak mereka semua berbicara layaknya manusia, atau kisah tentang seorang robot yang diciptakan memiliki perasaan, kurang lebih seperti itulah teknologi ini akan dikembangkan. Jadi, jangan heran apabila di masa yang akan datang semua pekerjaan sudah didominasi oleh robot.

Ada hal-hal yang mengkhawatirkan apabila teknologi advance machine learning ini berkembang begitu pesat, di masa yang akan datang bisa saja para robot mengambil alih pekerjaan manusia, lalu ada pula yang menciptakan robot dengan tujuan yang jahat seperti mencuri, merampok, dan sebagainya. Karena mesin pada robot sudah dianggap bisa melakukan semuanya sendiri setelah diberikan perintah-perintah yang deprogram khusus pada mesin itu. Bisa saja karena suatu kesalahan manusia, robot akan bergerak sesuai kemuannya sendiri dan sulit dikendalikan. Hal ini dapat membahayakan hidup manusia.

Saat ini memang sudah dikembangkan beberapa mesin-mesin otomatis seperti peralatan rumah tangga. Misalnya seperti ada kulkas yang bisa mengeluarkan isi kulkasnya sendiri tergantung apa yang diminta oleh pemiliknya. Lalu mobil yang bisa berjalan dengan sendirinya apabila seseorang sangat sibuk menghadapi berbagai pekerjaannya. Teknologi yang awalnya diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia yang seringkali sibuk akan berbagai hal, lama-kelamaan akan jadi memalaskan manusia tersebut apabila ia tidak memiliki kesibukan lain dan hanya mengandalkan teknologi yang dimilikinya saja. Untuk itu, diperlukan beberapa analisa kebutuhan khusus manusia karena tidak semua manusia harus memiliki teknologi tersebut. Hanya yang benar-benar membutuhkan bantuan secara otomastis saja yang kira-kira bisa memiliki teknologi kecerdasan buatan tersebut. Bagaimana dengan anda? Apakah anda merasa perlu memiliki sebuah virtual assistance dalam bentuk robot dalam menjalani keseharian anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *