Kesehatan

5 Persiapan Program Hamil yang Jarang Diketahui

Setiap akan menjalankan program hamil ada beberapa persiapan yang harus Anda ketahui. Persiapan yang matang akan mendukung keberhasilan program Anda. Tidak ada salahnya mencoba daripada Anda hanya menunggu tanpa persiapan apa pun. Berikut persiapan yang jarang diketahui.

  1. Usahakan Berat Badan Anda Normal

Obesitas atau kelebihan berat badan sebelum masa kehamilan bisa meningkatkan risiko mengalami komplikasi saat hamil, seperti diabetes gestasional atau tekanan darah tinggi. Jika hal ini terjadi, maka risiko keguguran juga cukup besar. Bahkan bayi juga bisa lahir cacat.

Sama halnya dengan obesitas, kekurangan berat badan ternyata juga tidak baik. Kekurangan berat badan dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur sehingga sulit hamil. Untuk mencapai berat badan normal, Anda bisa mulai dengan rajin berolahraga atau melakukan diet dengan pola yang sehat.

  1. Tidak Mengonsumsi Ikan yang Tinggi Merkuri

Merkuri adalah zat yang dapat menyebabkan keracunan. Anda harus menghindari bahan makanan bermerkuri, terlebih ikan. Ikan yang mengandung merkuri seperti king mackerel, ikan swordfish, dan tilefish. Beberapa bulan sebelum merencanakan program hamil sebaiknya hentikan konsumsi ikan-ikan tersebut.

Merkuri ini termasuk golongan logam berat yang secara alami ada di lingkungan. Zat ini dapat masuk melalui sel kulit kita. Pada ibu hamil, merkuri akan masuk melalui plasenta, lalu masuk ke peredaran darah janin.

Bahaya lainnya yang ditimbulkan pada janin yaitu gangguan perkembangan otak, gangguan sistem saraf pusat, hingga fungsi kognitif juga terganggu. Selain itu, biasa yang ditemui yaitu gangguan bicara, motorik, penglihatan, dan retardasi mental pada janin. Oleh karenanya, konsumsi ikan laut hanya diperbolehkan tidak lebih dari 12 ons per minggu

  1. Pergi ke Dokter untuk Divaksin

Beberapa vaksin memang diperlukan bahkan untuk program hamil agar dapat menjaga kesehatan calon ibu dan calon bayi. Selain itu vaksin juga berguna untuk mencegah penyakit infeksi saat masa kehamilan. Perlu diketahui, jangka pemberian vaksin yaitu enam bulan. Lakukan pemberian vaksin hingga Anda hamil untuk menghindari bayi cacat lahir.

  1. Pergi ke Dokter Gigi

Kenapa harus ke dokter gigi? Perlu diketahui menjaga kesehatan mulut Anda ketika persiapan program hamil sangat penting. Peningkatan hormon terutama progesteron dan esterogen akan terjadi pada kehamilan dan dapat menyebabkan perbedaan reaksi gusi terhadap bakteri plak, sehingga dapat terjadi bengkak, kemerahan, dan nyeri saat menggosok gigi.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Hangat

Makanan Hangat sangat disarankan untuk kesuburan rahim. Beberapa makanan hangat seperti sup dan sayuran yang ditumis juga terbukti memiliki fungsi menjaga kesuburan uterus.

Setiap calon ibu harus berusaha yang terbaik untuk calon anaknya. Agar saat masa kehamilan sehat juga mendapatkan bayi yang sehat, Anda harus melakukan persiapan kunci keberhasilan program hamil. Kehamilan yang sehat berasal dari persiapan yang baik juga. Siapkan diri Anda untuk menjadi ibu sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *