Lain Lain

4 Cara Membuat Anak Tidak Cengeng

Jika anak anda cengeng maka tentunya akan membuat anda kesal, karena bisa saja anak akan menangis sepanjang hari karena sifatnya itu. Terlebih jika anak itu bukan balita lagi tetapi anak yang sudah memasuki usia sekolah pastinya akan membuat anda khawatir. Ketika anak itu sudah besar sebenarnya akan itu tidak perlu menangis jika sedang merasakan atau inginkan sesuatu. Tangisan anak ini akan anda anggap sebagai sesuatu yang menganggu telinga dan sebagai indikasi jika anak itu cengeng. Orang tua harus segera mencari cara membuat anak agar tidak cengeng dengan cepat. Karena jika dibiarkan bisa saja sifat cengengnya ini akan menghambat dirinya ketika sudah dewasa nanti pada saat memasuki dunia kerja atau juga berkeluarga.

Berikut 4 cara yang bisa diikuti agar sifat cengeng anak hilang diantaranya yaitu :

  1. Bisa Mengendalikan Emosi

Dengan membentak atau menghardik anak pada saat menangis tidak akan membuat anak menghentikan tangisannya, malah akan semakin menjadi jadi. Disini sebaiknya orang tua bisa mengendalikan emosinya sehingga akan mudah didalam mengatasinya. Tanamkan dalam pikiran anda jika apa yang akan anda lakukan atau katakana akan ditiru olehnya.

  1. Mengenali Karakter Anak

Jika anda seorang ibu dari seorang anak maka pastinya anda akan mengenali karakternya. Mengetahui karakter dan perkembangan anak adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan seorang ibu, karena mengenali karakter ini akan berpengaruh terhadap pola asuh yang tepat dari seorang ibu terhadap anaknya.  

  1. Meningkatkan Sosialisasi

Kepercayaan diri yang rendah pada seorang anak adalah salah satu penyebab anak akan mudah menangis. Disini sebaiknya orang tua melibatkan anaknya untuk ikut bermain bersama teman teman sebayanya di lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini harus dilakukan karena nantinya anak akan belajar bagaimana mengungkapkan perasaan tanpa harus menangis.

  1. Meyakini Jika Menangis Bukanlah Kesalahan

Pada saat anak anda menangis maka yakinilah jika tangisan anak itu bukanlah sebuah kesalahan. Anak akan menangis ketika dirinya merasa tidak bisa mengungkapkan tentang apa yang sedang dirasakannya. Jangan membuatnya merasa rendah diri dengan memberinya label anak yang lemah karena in akan menganggu terhadap perkembangan psikis mereka.

Itulah 4 cara yang bisa diikuti agar sifat cengeng anak hilang. Orang tua selain harus bisa mengendalikan emosinya sehingga akan mudah didalam mengatasinya. Tetapi juga harus mengetahui karakter dan perkembangan dari anak. Dan juga harus melibatkan anaknya untuk ikut bermain bersama teman teman sebayanya di lingkungan tempat tinggalnya. Orang tua harus meyakini jika tangisan anak itu bukanlah sebuah kesalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *