Lain Lain

3 Cara Mudah Memulai Investasi untuk Mahasiswa

Bagi sebagian besar mahasiswa Indonesia, terdapat stigma yang menyatakan bahwa orang akan mulai berinvestasi jika sudah mapan, mempunyai penghasilan tetap, dan juga sudah berkeluarga. Padahal kemapanan seseorang bukanlah alasan sebagai mahasiswa untuk berinvestasi.

Investasi memang sebaiknya dilakukan sejak dini. Mengapa? Karena jika dilakukan sejak dini, Anda bisa mendulang sukses di masa depan. Misalnya Anda mengambil salah satu produk dari investasi online terbaik, bukan tidak mungkin akan mendatangkan kekayaan setelah 5-10 tahun berinvestasi.

Nah, dengan mengetahui cara-cara bagaimana mengelola keuangan agar bisa diinvestasikan, maka Anda bisa mulai berinvestasi dari sekarang. Bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini

 

Pelajari dan pahami

Sebelum Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi, sebaiknya pelajari dan pahami terlebih dahulu segala hal yang berkaitan mengenai investasi. Misalnya memilih produk investasi terbaik, memahami kondisi pasar saham, manajemen risiko, hingga trik jitu yang telah dilakukan orang-orang sukses. Anda bisa mempelajarinya dari majalah, koran, buku, artikel di internet, hingga seminar yang disajikan oleh investor berpengalaman.

Jangan berhutang

Gaya hidup kekinian yang cenderung mengarah ke hedonisme mampu membuat para mahasiswa rela berhutang untuk memenuhi keinginan hidupnya. Misalnya saja seperti jalan-jalan ke luar negeri, membeli tas bermerek, nongkrong di kafe tiap minggu. Nah, sebelum mulai berinvestasi, pikirkan baik-baik pemasukan, pengeluaran, juga hutang Anda. Dengan begitu, kegiatan investasi akan berjalan baik tanpa ada hambatan minimnya dana.

 

Ketahui tujuan investasi

Sebelum memulai segala sesuatu, Anda harus mengetahui apa tujuan yang ingin dicapai. Sama dengan berinvestasi. Anda wajib menentukan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya ingin memiliki rumah idaman, keliling dunia, membeli mobil sport mahal, atau sebagai simpanan untuk di hari tua. Untuk memenuhi tujuan tersebut, terdapat tiga jenis jangka waktu investasi, yaitu investasi jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan dengan rentang waktu satu tahun. Lalu investasi jangka menengah dilakukan dalam rentang waktu 1-5 tahun. Sedangkan investasi jangka panjang membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun. Tetapkan tujuan Anda agar bisa memilih waktu investasi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *